Wednesday, July 27, 2011

Lapindo Mud -> Mad!

Saya baru baca di media bahwa Pemerintah akan bayar korban Lapindo senilai Rp. 1.2 triliun!!

Mari berandai-andai, apabila pemerintah kita tegas, berhasil menekan PT Lapindo Brantas untuk bertanggung jawab atas tragedi Lumpur di Porong, maka duit sebesar 1.2 triliun yang jika diconvert ke dollar berarti sekitar 141 MUSD bisa dipakai untuk

Membiayai pemboran 24 sumur gas di Blok Mahakam, yang bisa memproduksi 18,7 kilo barrel oil perhari, yang dapat dijual seharga 650 juta USD..
Bayangkan returnnya.. keluar modal 141 MUSD, bisa dapat 650 MUSD. Berarti returnnya sebesar 4.6 kali..

Membantu nambah-nambahin dana Social Security Network atau SJSN penduduk tidak mampu yang dibudgetkan sebesar 588 MUSD. Dengan 141 MUSD, lumayan.. 20% telah tertutupi..

Kontribusi 10% untuk merenovasi Bandara Soekarno-Hatta yang baru (total budget Rp 11.7 triliun) atau kontribusi 8% untuk bangun MRT Jakarta tahap 1 (total budget Rp 16 triliun)


Source: 2.bp.blogspot.com
Yah, akan tetapi kasus ini kental sekali politisnya. Fenomena yang jelas-jelas diidentifikasi sebagai human-error (sudah dikonfirmasi oleh pakar perminyakan) malah diputarbalikkan menjadi bencana alam.

Saya iri melihat Barack Obama menekan British Petroleum untuk bertanggung jawab atas blow-out nya sumur di Gulf of Mexico :(

No comments:

Post a Comment