Saturday, July 23, 2011

We Love The Country So Much

Beberapa minggu lalu, saya melihat interview Sri Mulyani Indrawati (SMI) dengan Charlie Rose, jurnalis Bloomberg. Banyak sekali informasi berguna yang saya dapatkan dari wawancara tersebut. Mulai dari isu-isu nasional, seperti preferensi masyarakat Indonesia terhadap partai politik hingga isu-isu internasional seperti kelangkaan pangan dan pergolakan di Arab.


Satu yang menarik perhatian saya dan bisa membuat saya berkata: "I feel you, Bu.." adalah saat Charlie Rose bertanya, "Kekuatan apa yang Anda miliki sehingga berani melakukan itu (perjuangan melawan korupsi) ?" SMI menjawab, "We love the country so much.."

Di negeri ini, ada kecenderungan mencurigai orang-orang yang dekat dengan asing, pernah bekerja di institusi asing, sekolah di luar negeri, atau punya hubungan dengan pihak asing, adalah orang-orang yang tidak nasionalis atau sudah menjadi antek-antek barat. Buat saya pribadi, itu tidak benar adanya. Hakikatnya, orang-orang yang pernah sekolah, bepergian, atau bekerja di luar negeri akan termotivasi untuk membangun tanah air karena mereka telah melihat hal-hal baik di negeri asing yang bisa diterapkan di Indonesia.

Saya sering backpacking ke luar negeri. Negara-negara yang saya kunjungi rata-rata lebih maju daripada Indonesia. Apakah saya jadi malas tinggal di Indonesia? Tidak. Justru malah semakin termotivasi berkontribusi untuk negeri ini. Bayangkan betapa puas dan bangganya apabila kita bisa membuat sesuatu yang kita cintai menjadi lebih baik, apalagi jika start from the the scretch.

Saya jadi ingin bertanya kepada para koruptor dan para pelanggar aturan, apakah sudah sebegitu hilangkah rasa cinta Anda pada negeri ini? Apakah tidak ingin melihat negeri ini semaju negara-negara maju lainnya?

Yaaah.. cinta memang subjektif.. :)

No comments:

Post a Comment