Monday, August 8, 2011

Indonesia Tourism TV Commercial

Saat saya menonton saluran asing seperti National Geographic atau Star World, sering saya dilanda rasa geregetan melihat iklan-iklan pariwisata dari negara-negara tetangga diputar di saluran tersebut. Sebut saja yang paling sering yaitu Malaysia, dengan Truly Asia-nya dan Thailand dengan Amazing Thailand-nya. Seumur-umur saya belum pernah melihat iklan resmi dari Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan muncul di saluran asing. Paling saya hanya melihat iklan produk dari Indonesia seperti hotel atau airline muncul di saluran tersebut.

Malah sekarang Malaysia memiliki acara khusus seminggu sekali di Star World yang dipandu oleh Jamie Aditya. Ya saudara-saudara, Jamie Aditya.. pembawa acara, mantan VJ MTV, yang asli Indonesia.. :(

Mohon maaf atas keluhan-keluhan saya diatas. Mari kita lanjutkan. Saya ingin share dua iklan produk terbaik yang berhasil menampilkan eksotisme Indonesia sehingga menurut saya pribadi kedua iklan tersebut dapat dipakai sebagai iklan resmi pariwisata Indonesia.

 
Diatas adalah iklan rokok Djarum. Keindahan alam Indonesia ditampilkan lengkap dari Sumatera hingga Papua. Iklan ini cocok bagi para turis pencari petualangan dan berjiwa muda.



Ini adalah iklan Garuda Indonesia tahun 2009. Konsepnya menarik, merasakan Indonesia Experience saat di dalam pesawat Garuda. Gambar-gambar yang dimunculkan pun cantik. Scoring dari iklan ini pun sangat Indonesia sekali.

Terakhir adalah iklan resmi Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan dalam rangka Visit Indonesia Year 2009. Temanya adalah Indonesia Inspirasiku.


Videonya memang panjang, yang ditampilkan di televisi tidak sepanjang ini. Konsepnya lucu dan youthful. Musiknya pun menarik. Sayang, yang ditampilkan hanya destinasi-destinasi di Jawa dan Bali saja.

Mudah-mudahan, pemerintah sadar akan pentingnya melakukan marketing above the line terutama pada saluran televisi asing. Jujur saja, jika tentang menampilkan keindahan, Indonesia sudah menang dari negara-negara tetangga kita. Tinggal masalah budget dan niat saja, apakah kita mau serius mempromosikan Indonesia yang Dangerously Beautiful!

No comments:

Post a Comment